Breaking News

Membiarkan Para Pengerit, Ada Apa dengan SPBU 24.331-162.

Sabtu : 19-Oktober-2024
Bangka tengah - Borgol88.com
Aktivitas di SPBU 24.331-162 yang berlokasi di Desa Kampung Jeruk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah,semakin menjadi sorotan. Pasalnya" SPBU ini diduga kuat membiarkan para pengerit beroperasi dengan bebas'', tanpa mematuhi regulasi yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) Migas.
Menurut pantauan, para pengerit terlihat leluasa mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sendiri dengan memegang stik nozel di SPBU tersebut. Kegiatan ini tampak berjalan tanpa hambatan, seolah pihak SPBU mengabaikan aturan yang jelas melarang praktik ini.
Dalam UU Migas No. 22 Tahun 2001 Pasal 55, telah ditegaskan bahwa siapa pun yang menjual atau mendistribusikan BBM bersubsidi tanpa izin, termasuk para pengerit, dapat dikenakan sanksi pidana."Para pengerit ini berulang kali keluar masuk SPBU dengan kendaraan bermotor, mulai dari roda dua hingga mobil jenis APV. Mereka terus mengantre untuk mendapatkan Pertalite, yang seharusnya menjadi hak masyarakat umum," ungkap seorang sumber yang enggan disebutkan namanya.
Pertamina sendiri dalam berbagai kesempatan telah menekankan pentingnya pengawasan ketat terhadap distribusi BBM bersubsidi, terutama jenis Pertalite, agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan pribadi. Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No.18 Tahun 2019, distribusi BBM bersubsidi harus dilakukan secara tepat sasaran dan hanya untuk masyarakat yang berhak.
Keterlibatan SPBU dalam melayani pengerit secara berulang kali melanggar prinsip ini.Pihak berwenang diharapkan segera mengambil langkah tegas untuk menghentikan praktik ini dan menindak tegas para pelanggar yang terlibat. Tindakan tegas juga perlu dilakukan terhadap SPBU yang melanggar aturan tersebut.Penegakan hukum yang jelas akan memastikan bahwa distribusi BBM bersubsidi tetap sesuai dengan sasaran dan tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu yang merugikan masyarakat luas.
(Tim-Saber) Borgol88.com

© Copyright 2022 - BORGOL 88